Rabu, 31 Mei 2017

Oppa, Unnie, Ahjumma...



Oppa, Unnie, Ahjumma...
Artikel ini ditulis oleh Ikanterialmond


Bagi penggemar lama drama korea, kata-kata seperti ‘oppa’, ‘unnie’, dan ‘ahjumma’ sudah lazim. Tapi yang baru mulai, panggilan-panggilan ini sangat membingungkan. Orang Korea gemar menggunakan kata-kata khusus untuk menunjukkan hubungan mereka. Untuk yang baru saja mulai menonton drama korea, berikut ini mungkin dapat membantu; terutama bagi kalian yang mengikuti drama hasil terjemahan Padepokan Anak Negeri (PAN). Kami di PAN tidak menerjemahkan panggilan-panggilan ini.
Yang sangat menentukan panggilan ini, mungkin sudah dapat ditebak, adalah umur. Bukan umur yang biasa digunakan di Indonesia, tetapi umur berdasarkan kalender bulan. Hitungan ini mungkin dapat menambahkan satu ataupun dua tahun ke umur seseorang yang sebenarnya. Gimana sih? Oke, yang perlu diketahui adalah:
  1. 1)  Saat bayi lahir, ia langsung berumur satu tahun. Kita ambil contoh seorang bayi ‘A’ lahir tanggal 30 November 2016, dia berumur 1 tahun pada tanggal 30 November 2016 walaupun ia baru saja berumur beberapa menit menurut hitungan di Indonesia.
  2. 2)  Pada Hari Tahun Baru Imlek, setiap orang di Korea bertambah umur 1 tahun. Untuk tahun 2017, tahun baru imlek jatuh pada tanggal Januari 28, 2017 jadi bayi ‘A’ juga umurnya bertambah. Dia sekarang dianggap umur 2 tahun walaupun sebenarnya belum 6 bulan hidup di dunia ini.
  3. 3)  Karena hitungan inilah, di Korea, seseorang bisa sebenarnya berumur 28 tahun tapi dianggap sudah 30 tahun menurut umur Korea.
Seseorang yang lahir di tahun bulan yang sama, dianggap sama umur. Semua bayi yang dilahirkan antara Februari 8, 2016 sampai Januari 28, 2017 adalah satu angkatan dan dapat memanggil nama depan antar satu sama lain. Seseorang yang lebih tua, harus ada sedikit embel-embelnya dan ini beberapa panggilan yang seringkali ditemukan di drama korea:

Oppa Kakak atau teman dekat pria yang lebih tua. Digunakan oleh wanita.
Hyung atau Hyeong Kakak atau teman dekat pria yang lebih tua. Digunakan oleh pria.
Unnie, Unni, atau Eonni Kakak atau teman dekat perempuan yang lebih tua. Digunakan oleh wanita.
Nuna atau Noona Kakak atau teman dekat perempuan yang lebih tua. Digunakan oleh pria.
Ahjumma Tante atau bibi
Ahgassi Saudara perempuan yang lebih muda atau lebih tua dari keluarga suami (ipar). Digunakan oleh wanita.
Halmeoni Nenek
Harabeoji Kakek
Sunbae(-nim) Senior yang sudah bekerja atau sekolah lebih lama
Maknae Junior yang paling muda di satu grup

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar